Wednesday 9 January 2013

#9 Sup ikan patin favorit

Menu makan siang kali ini adalah... sup ikan patin dengan kuah asam peda. Mmm.... maknyus!
Ini adalah menu favorit saya di kantin kantor ini, selain soto ceker. Jadi gak heran kalau makan siang di kantin saya seringnya pesen menu ini, hehe. Oia, saya belum pernah nemuin menu ini di luar lho...

Pertama makan menu ini, saya tertarik dari ikannya yang besar, segar, dan penuh dengan lemak. Daaan... saya sukaaa banget lemak ikan patin ini (kalo lemak hewani lain saya gak suka, apalagi tubuh banyak lemak, hehe). Knp saya suka? Ya itu... suka aja melihat lemak yang menempel di potongan ikan. Bening, bagus. Setelah dicicipi ternyata rasanyapun nikmat... mmm.

Saya malah baru tau kalau kandungan gizi lemak ikan patin tuh baik untuk kesehatan. Berdasarkan artikel yang saya baca, kandungam gizinya adalah asam lemak tak jenuh Omega-3, Selenium, dan Taurin.

Kandungan gizi ikan patin secara keseluruhan yaitu 16,08% protein, kandungan lemak sekitar 5,75%, karbohidrat 1,5%, abu 0,97 % dan air 75,7%.

Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan antara lain :
.Omega 3, untuk proses perkembangan otak dan fungsi saraf dan penglihatan bayi.
. Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah dicerna
. Kaya akan asam amino seperti asam taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak.
. Vitamin A dalam minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.
. Vitamin D dalam daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.
. Vitamin B6, membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan
kerusakan syaraf.
. Vitamin B12, untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf
. Zat besi yang mudah di serap oleh tubuh.
. Yodium untuk mencegah terjadinya penyakit gondok , hambatan pertumbuhan anak
. Selenium.untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang melindungi tubuh
dari radikal bebas.
. Seng yang membantu kerja enzim
dan hormon.
. Fluor yang berperan dalam menyehatkan gigi.

Banyak banget ya kandungan gizi dalam sup ikan patin ini. Jadi makin cinta deh sama sup ikan patin, dan berniat bikin sendiri di rumah, hehe..

Tulisan #9 @30HariBercerita


No comments:

Post a Comment