Sunday 13 January 2013

#13 Beginilah caranya belajar

Tulisan ini saya ambil tanpa izin dari blog nya Monsieur Eddy, coach saya waktu di Pare. Sumpah saya gak pernah menemukan pembelajar sekeren beliau *mudah-mudahan orangnya gak baca pujian ini, takut terbang ntar, hehe*

Isinya tentang how to learn. Inspiratif banget, terutama buat yang masih jadi pelajar kayak saya :D
Berikut saya tulis ringkasannya, dipersembahkan untuk diri sendiri juga untuk para pembelajar luar biasa ;)

Yang menarik adalah bahwa orang yang berbeda mempelajari materi yang sama dengan waktu yang sama pula, belajar dalam kondisi yang sama, namun kemudian mendapatkan hasil yang berbeda. Hal ini dikarenakan metode belajar mereka yang berbeda.

Pelajar yang menggunakan metode dan strategi belajar lebih baik menunjukan hasil yang lebih baik juga pada saat tes. Tidak ada cara yang dapat membuat dua orang yang berbeda menjadi sama persis. Setiap orang itu berbeda, metode yang berbeda akan memiliki dampak yang perbedaan pada setiap orang. Ini memungkinkan kamu untuk dapat meningkatkan teknik belajar kamu saat ini.

Metode belajar yang terbaik adalah 
  1. Mengulang kembali materi pelajaran yang telah diajarkan sesegera mungkin setelah kamu mempelajarinya untuk pertama kalinya, karena ingatan kamu terhadap materi pelajaran tersebut masih segar.
  2. Untuk ujian apa pun, jangan pernah baru melakukan persiapan di malam sebelum hari tes berlangsung. Akan lebih baik jika kamu dapat memberikan waktu yang lebih banyak untuk belajar, mengulang kembali pelajaran yang diajarkan di kelas selama beberapa kali dalam seminggu, memfokuskan diri pada satu topik penting saja.
  3. Kumpulkan seluruh materi pelajaran yang kamu miliki di depan kamu: catatan pelajaran, buku teks bacaan, panduan belajar dan materi lainnya yang sekiranya masih berhubungan.
  4. Cobalah untuk belajar di tempat yang nyaman dan sepi. Perhatikan bahwa tempat tersebut memiliki pencahayaan yang baik dan tidak memiliki banyak gangguan. Hindari tempat tidur, karena tempat ini terlalu nyaman untuk kamu berbaring dan akan membuat kamu mudah tertidur.
  5. Mulailah dengan informasi yang paling penting. Pertama-tama pelajari konsep generalnya; ketika kamu melihat gambar general, perhatikan setiap detilnya.
  6. Tulislah sedikit rangkuman yang berisikan ide-ide penting, sehingga kamu membacanya kembali di lain waktu.
  7. Beristirahat lah beberapa kali. Beri waktu istirahat pada otak kamu dan memori kamu agar dapat menyimpan informasi lebih lama.
  8. Jika kamu belajar degan porsi kecil setiap hari, kamu akan mendapat hasil yang lebih baik dari mempelajari semua hal sekaligus. Dengan belajar setiap hari, materi pelajaran yang kamu pelajari akan tinggal dalam waktu yang lama dalam ingatan kamu. Belajar sesaat sebelum ujian hanya akan bertahan dalam waktu yang singkat pada ingatan kamu, kamu akan dapat dengan mudah melupakannya.
  9. Cobalah mengerti isi dari setiap materi dengan baik, bukan hanya sekedar mengingat segala sesuatu.
  10. Jika kamu belajar secara berkelompok, pilihlah orang-orang yang memang serius untuk belajar.
  11. Akan sangat membantu jika kamu melakukan tes pada diri kamu sendiri (atau meminta orang lain untuk menguji pengetahuan kamu) sebelum menjalankan tes yang sebenarnya, agar kamu dapat melihat dimana letak kelemahan dan kelebihan kamu.
  12. Gunakan contoh tes yang ada di internet, membaca kembali pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam buku khusus atau latihan tes yang diberikan oleh pengajar serta materi-materi pelajaran yang lainnya juga.
  13. Jika kamu merasa terlalu bosan dan lelah, dengarkan musik-musik yang menenangkan (jenis musik klasik atau jazz) dengan tingkat volume suara yang tidak terlalu keras akan membebaskan kamu dari stres.
  14. Jangan belajar di waktu sebelum kamu tidur, karena kamu akan tergoda untuk tidur, atau bahkan mungkin terlelap disaat kamu masih sedang belajar.
  15. Lebih baik tidur di awal, kemudian bangun di pagi hari. setelah bangun belajarlah, karena otak kita masih segar. Energi kamu juga akan lebih banyak di pagi hari jika dibandingkan dengan di malam hari.
Keren kan idenya ^_____^
So, tunggu apalagi, semangat belajar :)

thanks coach

Tulisan #13 @30Haribercerita

No comments:

Post a Comment