Wednesday 16 January 2013

#16 The hardest paper

Lega juga akhirnya paper ini selesai... Rencananya paper ini bakalan di-submit ke seminar QiR 2013 di Jogja, bulan Juni nanti (kalau gak salah).
 
Selama ini nulis paper, paper inilah yang saya rasa paling berat... 
Ide awalnya sebenarnya sangat sederhana, hasil ngobrol santai di dalam bis sambil bergelantungan karena gak dapat kursi, hiks...
Setelah membaca rumus-rumus yang berhasil kami turunkan *maklum basic paper ini adalah menurunkan rumus dari Stoney equation*, ternyata ada beberapa pengertian yang missing.
Karena penasaran, saya terus mencari jawaban-jawaban pertanyaan yang muter-muter di kepala.
Meski hasilnya belum juga clear, malah tambah pusing yang ada.. emang bener juga kali yak, banyak baca banyak tau jadi banyak pertanyaan dan bikin pusing, dan sebaliknya... hahaha.

Yah pokoknya mikirin definisi-definisi dan analytical model-nya tuh udah dari Desember tahun kemaren... sampe kebawa liburan akhir tahun segala tuh rumus-rumus (T_T). Daannn... formulasi plus definisi model itu baru clear seminggu sebelum deadline. Sebenernya juga gak clear banget karena belum dikonfirmasi dengan finite element analysis, tapi untuk ini harus dibatasi pembahasannya mengingat deadline. dan mulailah saya kerja keras meramu rumus-rumus itu jadi cerita yang indah. Serangkaian diskusipun dilakukan, tambal sulam tulisanpun dijalankan... saya merasa paper ini butuh tenaga yang lebih besar untuk mengerjakannya... maklum untuk yang berkaitan dengan teori dan penurunan rumus emang gak mudah. Bahkan diakhir revisi leader saya bilang, "udah deh segini aja ya papernya. saya cape ngoreksinya.." doh! jadi gak enak juga denger beliau ngomong gitu... kayaknya tulisan saya parah banget :'(  yah namanya juga belajar ya....

Saya memang tidak bisa submit pada hari deadline(2 hari yang lalu) karena leader juga butuh waktu untuk mengoreksinya. Esoknya  (kemarin)saat disepakati untuk submit paper, ternyata jalan dari rumah saya menuju kantor banjir. macet total. Saya berusaha untuk tetap berangkat ke kantor karena paper saya yang direvisi ada di leader di kantor, tapi macet yang tidak bergerak selama beberapa jam membuat saya menyerah. cape. akhirnya saya putar balik menuju rumah. minta izin tidak ke kantor dan submit paper besok... bener-bener perjuangan deh! Kalo gak karena paper gak bakal deh saya bela-belain ke kantor di tengah banjir dan macet total...

Tadi pagi-pagi leader langsung kasih revisi paper ini. Sayapun langsung memperbaikinya.... revisi terakhir dilakukan segera setelah saya memberikan perbaikan paper tadi. Daan... saat mau meng-upload paper tersebut di web conference, ternyata deadline-nya diundur sampai akhir januari! -_-"
dan leaderpun bilang, "jangan diuoload dulu. siapa tahu kita bisa tambah pembahasan lagi... mumpung masih ada waktu..." gubrrraaak! it means the show must go on... moga nemuin ide lagi yang keren deh :D


Tulisan #16 @30HariBercerita





No comments:

Post a Comment