Saturday 17 October 2009

Tahsin.. i miss u...

sabtu yang menyenangkan..
meski hari ini harus berangkat lebih pagi daripada hari-hari kerja..
tapi semangat yang bersemayam di jiwa mampu mengayunkan langkah dengan pasti
mendahului sang mentari yang masih lelap dalam selimut awan

bukan karena weekend di hari ini
tapi karena hari ini saatnya memulai sesuatu yang kunanti
aktivitas yang sungguh selalu kurindukan..


Alhamdulillahirabbil 'alamin..
akhirnya saya bisa melanjutkan kelas tahsin. tapi kali ini di LTQ Al-Hikmah, Mampang.
sebenernya waktu di Bogor pernah ikut tahsin juga, di Forum Halaqoh Quran (FHQ) Nisa Kreatif, tapi karena setelah lulus saya harus pulang ke desa tercinta, dengan berat hati harus berhenti di level Tahsin 2 (karena tidak sempat ikut ujian akhir tahsin 2).
sebenarnya setelah pindah ke Tangerang pun saya rinduuu sekali dengan rutinitas sabtu pagi itu.. (waktu di FHQ kelas tahsin saya juga sabtu pagi/jam 7). sayapun sudah berniat melanjutkan ke LTQ Al-Hikmah Jakarta, walau jauh dari rumah (Tangerang) tapi saya tetap berkeinginan untuk melanjutkan tahsin saya disana. Guru tahsin saya waktu di Bogor juga lulusan Al-Hikmah, dan dia banyak bercerita kepada saya tentang belajar Tahsin disana. maka saat itu saya bertekad jika saya harus kembali ke desa tercinta, saya akan melanjutkan kelas tahsin saya di sana.

Di Al-Hikmah, saya sudah mencoba daftar tahsin mulai semester lalu, namun untuk kelas hari sabtu sudah penuh (walau sudah memohon, tetap tidak bisa tambah murid lagi..) kelas yang masih terima murid hanya kelas senin-rabu sore jam4. berhubung pulang dari kantor jam4 sore, maka gak akan keburu kalau ikut tahsin di waktu itu..
untuk semester ini pun saya sebenarnya gak kebagian kelas sabtu pagi, sudah penuh. hanya tinggal senin-rabu.. hiks.. tapi sobat saya menguatkan untuk tetap daftar tahsin, dari pada harus nunggu kelas baru (Maret 2010)!! 

Bismillah, akhirnya saya dan winda mantap untuk daftar tahsin dan mengambil kelas  senin-rabu sore. dengan niat akan izin untuk pulang lebih awal dari kantor agar tidak telat masuk kelas.. tapi ternyata tidak mudah, karena banyak pekerjaan yang tidak bisa ditinggal/ harus diselesaikan hari itu juga.. walau sudah diizinkan untuk pulang lebih awal, tapi kami merasa bertanggung jawab penuh dengan pekerjaan kami..

akhirnya.. dua kali pertama berturut-turut kami datang tahsin tapi pelajaran sudah usai. bahkan teman2 dan ustadzahnya sudah pulang hiks...
sempat bingung juga sih.. kalo telat terus, gak akan bisa optimal belajar tahsinnya. 
saya memohon kepada ustadzah yang menangani registrasi, agar saya bisa pindah kelas Sabtu pagi meski saya tahu kelas Sabtu pagi sudah penuh, tapi saya ingin tetap ikut tahsin semester ini.

Alhamdulillah, akhirnya keinginan saya dikabulkan.. Tapi kelas Tahsin 2 yang memungkinkan untuk ditambah muridnya hanya kelas Sabtu jam6 pagi!
hmm.. agak berat bagi saya kalau Sabtu jam 6 harus sudah sampai di Mampang jakarta, maklum rumah saya jauh dari sana, dan harus naik 2x metromini.. tapi saya fikir inilah kesempatan saya untuk mengobati kerinduan saya akan belajar Tahsin, maka saya terima tawaran tersebut.
setiap ada kemauan, pasti ada jalan..
meski harus berangkat ba'da subuh dari rumah, akhirnya saya berhasil sampai tepat waktu di kelas Sabtu jam 6 pagi..
Alhamdulillah, keinginan belajar Tahsin semester ini tercapai..
kerinduan ini telah terobati..

bagi saya belajar Tahsin selain memperbagus bacaan Al-Qur'an, 
tahsin juga menjadi penyemangat untuk mengkontinukan tilawah, disana ada target tilawah yang harus dicapai perhari.  
belajar tahsin juga membuat kita makin mencintai Al-Quran. 
dan kita jadi semangat menghafal Al-Quran..

Dalam kitab Shahihnya, Imam Al-Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Hajjaj bin Minhal dari Syubah dari Alqamah bin Martsad dari Saad bin Ubaidah dari Abu Abdirrahman As-Sulami dari Utsman bin AffanRadhiyallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

        خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .

            Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.


Masih dalam hadits riwayat Al-Bukhari dari Utsman bin Affan, tetapi dalam redaksi yang agak berbeda, disebutkan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

        إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .

            Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.


berada di komunitas orang shaleh akan mempengaruhi kita menjadi orang shaleh
berada di komunitas pecinta Al-Quran akan mempengaruhi kita untuk mencintai Al-Quran 

(buku yang saya gunakan pada Tahsin 2 di LTQ Al-Hikmah)


(buku yang saya gunakan pada Tahsin 2 di FHQ Nisa Kreatif Bogor)

Reading Quran in Whatever Situation, Ok Guys!!

mudah-mudahan Tetap Semangat..
berhasil mencapai Level Tahsin yang dicita-citakan..
belajar Al-Qur'an dan mengajarkannnya..
terima kasih Allah, sudah memberikan rasa rindu yang teramat indah..

8 comments:

  1. Subhanallah..sepakat bgt ama tulisan Kak Wicak. Memang ini yg harus dikuasai setiap muslim..

    ReplyDelete
  2. afwan Mbak..Ana salah tulis nama, sdh malam..matanya sliwer..maksudnya ana sepakat dgn Mbak lia.. skali lg afwan ya..

    ReplyDelete
  3. oke, ga pa2 ukh..
    jazakillah atas comment nya ^_^

    ReplyDelete
  4. Waah oke banget ^_*
    Tapi sayangnya kemaren ga bisa mulai Tahsinnya..
    Pekan depan juga..
    Mesti pulang ke Bandung niih..
    Waah, padahal udah semangat..
    Mudah2n masih bisa mengejar ketertingalan..
    Ntar bantuin ya Bu..

    ReplyDelete
  5. oke.. ntar kita belajar bareng ya ^_^
    semangat!!

    ReplyDelete
  6. assalamualaikum,,salam kenal,,,saya mau tanya,,,itu FHQ nisa kreatif alamatnya dmn ya?saya juga pengeenn belajar tahsin,,,tapi msh belum nemu tempatnya di bogor,,, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. Waktu saya masih di bogor, tahun 2009, FHQ Nisa kreatif ada di masjid Al-Hijri, agak jauh di belakang sekolah Regina Pacis. Belajarnya Sabtu pagi, mulai jam 7. Kalau sekarang, saya tidak tahu masih di sana atau tidak.

      Delete
  7. Assalamualaikum mba saya mau nanya ttg FHQ nisa kreatif Bogor... kalo dari stasiun bogor naik apa ya buat ke lokasi nya? trus lokasi nya di masjid atau di rumah gitu atau bagaimana? maaf ada kontak twitter/line ga mba sya mau nanya nanya ttg tahsin nih makasih ya mba:)

    ReplyDelete