Monday 14 September 2020

Tes Psikologi online

Hari ini saya ada rangkaian tes SKB, yaitu ujian psikotes. Nah, tes psikotes ini mesti online dan menyesuaikan waktu Indonesia. Lama ujiannya sendiri 2.5 jam. Belum lagi kita mesti sudah join di Zoom meeting 90 menit sebelumnya. Jadi total waktu online untuk tes ini adalah 4 jam. Kamera yang digunakan ada 2 kamera dengan koneksi berbeda. 

Yang saya khawatirkan adalah kuota internet modem saya tidak cukup. Ditambah lagi mesti pakai 2 provider berbeda. Berdasarkan data di internet, untuk aplikasi zoom meeting dengan participant lebih dari 10 orang, data yang terpakai sekitar 2.4 GB per jam nya. Di tes ini, kita tidak diperkenankan mematikan video sedikitpun. Tadinya mau menjalankan tes ini di rumah tapi gak cemas juga saya, takut ditengah-tengah saat mengerjakan soal, koneksi internetnya putus.

Sebenernya bisa di Kampus, tapi hari ini gedung saya sedang ada cleaning day. Semua bagian gedung akan dibersihkan, termasuk ruangan meeting. Selain itu, setelah cleaning day, akan ada simulasi emergency dan evakuasi. Jadi akan ada alarm peringatan dan kita mesti berkumpul di lapangan evakuasi yang sudah ditentukan. Rasanya tidak memungkinkan kalau ambil psikotes di gedung saya. Ruangan yang tenang sangat diperlukan untuk tes ini.

Tapi mempertimbangkan kuota modem saya yang takut tidak cukup, rasanya memakai wifi kampus jadi pilihan yang lebih baik. Akhirnya saya beranikan diri bicara dengan profesor saya yang juga direktur gedung ini. Profesor saya sedang membersihkan kaca jendela di luar gedung. Diapun menegur saya saat keluar gedung,

P: Lia-san, hari ini kamu ada ujian ya?

L: Iya sensei, ini saya mau pulang, mau ujian di rumah... ehmm... ujiannya mungkin sekitar 3.5-4 jam. Kalau misalnya koneksi internet saya tidak bagus, apa saya boleh ambil ujian di gedung ini?

P: Oh iya tentu. Sepertinya lebih baik kamu ujiannya di gedung ini. Saya akan buka ruang rapat kecil di lantai 5 (ruangan ini adalah satu-satunya ruangan yang tidak dibersihkan kalau ada cleaning day).

L: Waah... terima kasih sensei. Mohon bantuannya. Saya akan kembali ke rumah untuk mengambil komputer saya.

P: Oke

Setelah saya kembali lagi ke kampus dan naik ke lantai 5 gedung saya, saya melihat ruang rapat kecil itu sudah dibuka. Di depan pintu ada kertas bertuliskan kanji: "Ruangan ini akan dipakai oleh Lia-san untuk interview dari jam 13.00 JST sampai selesai." Itu tulisan Profesor saya. Alhamdulillah, terima kasih sensei. Beliau juga sempat berpesan kalau nanti ada alarm emergency, saya tidak usah ikut berlari ke luar. Tetap mengerjakan tes saja dengan baik. Masyaa Allah... baik sekali Profesor saya. Saya berterima kasih atas support beliau selama ini dan saya juga mengucap hamdalah atas segala pertolongan Allah. Alhamdulillah proses psikotes ini berjalan lancar. Semoga hasil tes nya juga baik. Aamiin



Bintangku hari ini ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️

#harike-9 #tantangan15hari #zona1komprod #pantaibentangpetualang #institutibuprofesional #petualangbahagia

No comments:

Post a Comment