Sunday 6 September 2020

Belajar Iqra di Children Class Saijo

 Bagi yang punya anak di Jepang, belajar iqra/ TPA bersama-sama di masjid adalah sebuah harapan yang mewah. Karena TPA (taman pendidikan Al-Quran) sangat suliiiit sekali ditemukan. Tidak seperti di Indonesia yang banyak sekali. Kami di Higashi-hiroshima sangat beruntung, karena disini ada program children class (CC) dari HICC atau Masjid Assalam (masjid satu-satunya di Hiroshima prefecture).

Kegiatan CC ini adalah belajar membaca Al-Qur'an mulai dari huruf hijaiyah dan menhafal surat-surat pendek. Alhamdulillah ibu-ibu disini sangat terbantu sekali untuk mengenalkan Islam dan Al-Quran melalui kegiatan CC ini.

Sebenarnya saya sudah mendaftarkan Kana untuk ikut di program ini sejak tahun lalu, namun apadaya si Kana sedang masa-masanya hitomisiri (takut orang asing). Jadi kalau dia bertemu dengan orang2 baru, dia kabur atau bahkan menangis. Tapi anehnya kalau bertemu dengan orang-orang Jepang, dia biasa aja. Hmm... apa karena tiap hari di daycare bergaulnya dengan orang Jepang yak. Saya biarkan saja keadaan seperti itu sampai Kana siap. Saya dan suami juga memikirkan strategi bagaimana caranya agar Kana mau bergabung di kelas CC. Pertama-tama, kami akan dekatkan dulu kana dengan teman-teman yang ikut CC juga. Alhamdulillah, anak teman kami ada yang sudah kenal dengan Kana, dan beberapa kali kami playdate bersama. Kana terlihat sangat bahagia bermain dengan anak-anak teman kami ini (Haikal dan Alissa).

Akhirnya Bulan ini saya daftarkan lagi Kana di kelas CC ini. Karena masih masa pandemi covid, maka kelas dibagi 2 sesi agar ruangan tidak terlalu crowded. Saya pesankan ke guru yang mengajar agar Kana disamakan sesinya dengan Haikal dan Alissa agar Kana merasa percaya diri dan nyaman untuk masuk kelas. Di rumah juga sudah saya sounding ke Kana kalau kita akan berangkat mengaji di kelas yang sama dengan Haikal dan Alissa. Alhamdulillah, Kana bersemangat untuk pergi mengaji.

Setelah sampai ke ruangan CC, Kana tidak bisa lepas dari saya, sehingga saya ikut menemaninya ke dalam kelas. Namun, lama kelamaan Kana bisa berbaur dengan teman-teman di dalam kelas terutama dengan kebersamaannya dengan Haikal dan Alissa. Bahkan setelah kelas usaipun dia tidak mau langsung pulang ke rumah. Ingin bermain dulu sama teman-teman, katanya. 

Alhamdulillah ada kemajuan. Tinggal memikirkan bagaimana caranya agar Kana mau masuk sendiri ke kelas tanpa ditemani saya atau suami.




Bintangku hari ini ⭐️⭐️⭐️


#harike-4 #tantangan15hari #zona1komprod #pantaibentangpetualang #institutibuprofesional #petualangbahagia


No comments:

Post a Comment