Wednesday 9 September 2020

Baikin no ohanashi

 Alhamdulillah, sekarang Kana sudah mahir cuci tangan dengan benar. Bukan mama yang ngajarin sih, tapi sensei di hoikuen 😬 Sebenernya bukan karena corona tapi memang kurikulum hoikuen sejak Kana masuk kelas Usagi tahun lalu. Dengan adanya pandemik ini, cuci tangan yang benar jadi lebih digalakkan. Arigatou sensei.

Meski sudah cuci tangan dan bersiap makan, tapi on the way to eat food pasti ada aja yang dipegang. Entah pintu, entah mainan, atau barang-barang lain yang tidak bisa kita pastikan bebas kuman/virus. Jadinya mama harus selalu wanti-wanti agar jangan dipegang. Kalau di rumah sih gak terlalu was was, tapi kalo lagi di luar misalnya di bus atau kereta kan jadi ngeri. Apalagi Kana suka pegang-pegang muka dan masukin tangan ke dalam mulut 😓 mama jadi histeris 😂

Salah satu usaha yang mama lakukan adalah memberi pengertian pada Kana dengan membaca buku. Karena Kana tipe nya visual jadi dengan melihat gambar-gambar berwarna jadi lebih mudah dipahami dan diingat. Salah satu contohnya adalah buku ばいきんのおはなし(Baikin no ohanashi atau berbicara tentang kuman) yang didesain khusus untuk anak-anak. Isinya sederhana dan mudah dipahami dengan gambar.





Alhamdulillah Kana suka sekali dengan buku ini. Kami sering membaca buku ini bersama agar Kana paham. Sering kali kana buka-buka sendiri buku ini dan mulai bercerita sendiri. “Kuman bikin orang sakit.”, atau “Kalau mau makan cuci tangan dulu ya.”, atau “Kalo bersin tutup mulutnya.” atau “ini virus korona, ini kuman.” dll. 

Tapi yang namanya anak kecil kalau lagi main ada aja lupanya. Suka tiba2 pegang muka atau mulut tanpa disadari. Setelah Kana paham isi buku itu, kami jadi lebih mudah mengingatkannya. 

Barakallah ya Kana chan. Semoga kita semua selalu dilindungi Allah dari virus corona dan penyakit-penyakit berbahaya. Aamiin YRA


Bintangku hari ini ⭐️⭐️⭐️⭐️


#harike-6 #tantangan15hari #zona1komprod #pantaibentangpetualang #institutibuprofesional #petualangbahagia

No comments:

Post a Comment