Tuesday 10 August 2010

Jalankan Misi Ramadhan-mu


Hari terakhir di bulan Sya'ban. Entah selanjutnya kita akan bertemu dengan Sya'ban lagi atau tidak, tapi yang pasti Ramadhan akan datang. Bulan terbaik yang paling banyak keutamaannya. Mahasuci Allah yang telah menganugerahkan Ramadhan untuk umat Islam. Karena di Bulan ini umat Islam bisa mensucikan diri. Berburu pahala sebanyak-banyaknya untuk bekal kembali kita kepada-Nya. Sebuah kasih sayang Yang Maha Pengasih kepada hamba-Nya.

Ramadhan, disambut dengan saling memaafkan terhadap sesama juga diakhri dengan saling memaafkan. Benar-benar sebuah bulan yang suci... Beberapa hari terakhir kemarinpun jika berselancar ke dunia maya, pasti anda akan menemukan ucapan, "Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir bahtin" dan selalu diakhiri dengan do'a, "semoga Ramadhan ini lebih baik dari ramadhan lalu" atau "semoga kita menjadi alumni Ramadhan yang sukses" dll. Ucapan-ucapan itu, saya yakin juga mengalir deras ke HP anda sekalian. Sebuah euforia menyambut Ramadhan. Semoga bukan hanya sekedar euforia. Sudah sewajarnya umat Islam menyambut Bulan yang penuh keberkahan ini dengan persiapan yang matang, juga dengan harapan akan kondisi ibadah kita yang lebih baik lagi, menanjak seperti kurva eksponensial hingga menghasilkan lompatan-lompatan yang dapat kita banggakan dihadapan Allah.

Hadirnya Ramadhan, mengingatkan saya akan acara Islamic bookfair yang tiap tahun rutin diadakan di GBK. Biasanya saya dan kawan-kawan menabung selama setahun sebelumnya, sedikit demi sedikit, agar bisa beli banyak buku yang bagus-bagus. walaupun pada akhirnya masih ada beberapa buku yang belum bisa terbeli karena dana yang tersedia tidak mencukupi, dan karena setiap tahun selalu muncul ratusan buku2 baru yang sangat menarik bagi penggila buku seperti saya dan kawan2 saya :D but, no problem yang penting kita sudah berusaha mempersiapkan untuk belanja buku tersebut. Jangan sampai menyesal karena tidak ada persiapan (tidak punya dana dll) di Islamic bookfair ini. Karena hanya diadakan setahun sekali, dan diskonnya bener2 bikin kita puas dibanding belanja di toko buku manapun. Ya persiapan dari jauh-jauh hari akan lebih baik. Menabung dari jauh-jauh hari akan lebih baik.


Apalagi Ramadhan, bulan yang banyak sekali keutamaannya. Lebih dari Islamic Bookfair, dan Allah begitu dekat dengan kita. Syahrul Qur'an yang sudah sewajarnya kita lebih dekat lagi dengan Al-Quran di bulan ini. Bulan yang agung, bulan penuh berkah, didalamnya ada malam yang lebih baik dari seribu bulan. Allah menjadikan puasanya wajib, dan qiyamul lailnya sunnah. Siapa yang mendekatkan diri dengan kebaikan, maka seperti mendekatkan diri dengan kewajiban di bulan yang lain. Siapa yang melaksanakan kewajiban, maka seperti melaksanakan 70 kewajiban di bulan lain. Ramadhan adalah bulan kesabaran, dan kesabaran balasannya adalah surga. Bulan dimana nafas kita menjadi tasbih, tidur kita menjadi ibadah. Bulan solidaritas, dan bulan ditambahkan rizki orang beriman. Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka diampuni dosanya dan dibebaskan dari api neraka dan mendapatkan pahala seperti orang orang yang berpuasa tersebut tanpa dikurangi pahalanya sedikitpun. Ramadhan adalah bulan dimana awalnya rahmat, tengahnya maghfirah dan akhirnya pembebasan dari api neraka.

Begitu banyak keutamaan Ramadhan sehingga tidaklah berlebihan jika ada orang yang menginfakkan sebagian atau seluruh  tabungannya untuk bersedekah di bulan ini... Subhanallah...

Ramadhan telah tiba sebagai bulan panen bagi setiap hamba
Untuk membersihkan hati dari berbagai kerusakan dan dosa
Maka dari itu tunaikanlah hak-haknya; baik ucapan dan perbuatan
Dan carilah bekalmu untuk hari depan; ambil dan perbanyaklah
Bagi siapa yang menanam benih namun tidak menyiraminya
Niscaya akan menyesal disaat hari panen

Wallahu'alam bishawab...
Selamat beribadah di Bulan Ramadhan. Semoga bisa meningkatkan ketaqwaaan kita kepada-Nya.
Mohon maaf lahir bathin.

2 comments:

  1. jfs mbak... sungguh luar biasa... mari ramadhankan MP :)

    ReplyDelete
  2. waiyaki mba anty...
    sip. Mari Ramadhankan MP. Kurangi jalan2 di dunia maya, demi Ramadhan yang lebih baik ^_^

    ReplyDelete