Friday 16 July 2010

Racun Dunia

Sekeren-kerennya Lab, tetep aja jadi tempat yang berbahaya buat setiap diri (setuju?). Yah walaupun lab saya gak keren-keren banget, cukup gitu... cukup buat bereksperimen, cukup buat berpetualang, cukup buat refreshing (mana ada ya refreshing di lab?hehe), and pastinya cukup buat belajar (kalo ini sih kayaknya gak cukup :D) tapi yah harus bersyukur udah dibikinin lab :) rencananya tahun ini Labnya akan dipindahkan di gedung yang instalasinya memadai dan sesuai standar (mudah2an gak molor lagi nih proyek..)

Pokoknya my lab my adventure, like the article (click here). kemaren-kemaren emang lagi gila ngelab (jadi dibela-belain tuh ngelab walau my groups lagi pada cuti or juga meliburkan diri hehe), tapi pekan ini kayaknya mau istirahat dulu ngelabnya, mau fokus nulis paper aja dulu  di kantor. sekalian menghindari makin banyak racun yang masuk ke dalam tubuh. Soalnya sekarang2 kan lagi liburan mahasiswa tuh. buat mahasiswa tingkat 3 biasanya waktunya dipake buat praktek lapangan... karena di lab juga saat ini lagi banyak yang mau dikerjakan jadi kepala Program saya merekrut banyak mahasiswa itu. Ada yang dari UNS, UNJ, ITI, juga ITB. Hmm... mungkin jumlahnya sekitar 10 orang. Jadi artinya di lab bertambahlah 10 orang penghuninya... so crowded, ruang asam juga full, and pastinya banyak aroma2 mematikan tuh di lab... yah pokoknya gak sehat banget dalam sebulan ini kalo berada di lab. tapi saya gak akan absen sebulan, cukup minggu ini aja... karena walau bagaimanapun, i like ngelab ^^


Ngomong-ngomong tentang toksin, jadi inget salah satu metode penyembuhan ala Rasulullah yang telah lama dipraktekkan oleh manusia sejak dulu, Bekam or hijamah. yang saya baca dari berbagai sumber, metode ini ampuh banget ngeluarin toksin2 yang ada dalam tubuh kita, lewat darah kotor, trus tanpa efek samping juga. juga. Sekarang sih pengobatan ini sudah dimodernkan dan mengikuti kaidah - kaidah ilmiah,
dengan menggunakan suatu alat yang praktis dan efektif sera tanpa efek samping. 

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya sebaik-baik apa yang kalian lakukan untuk mengobati penyakit adalah dengan melakukan bekam” (HR Abu Dawud no. 3857 dan Ibnu Majah no. 3476, Al-Hakim IV/410, Ahmad II/342 dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, lihat Shahiih Ibni Majah II/259 no 2800 dan Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah no. 760) 

Teknik pengobatan bekam adalah suatu proses membuang darah kotor (toksid-racun yang 
berbahaya dari dalam tubuh, melalui permukaan kulit. Toksid / toksin adalah endapan racun/
zat kimia yang tidak dapat diuraikan oleh tubuh kita. Toksin ini berada pada hampir setiap 
orang. Toksin - toksin ini berasal dari pencemaran udara, maupun dari makanan yang banyak 
mengandung zat pewarna, zat pengembang, penyedap rasa, pemanis, pestisida sayuran dll, 
apalagi rokok (sang pembunuh keji dan mematikan! aku benci rokok!! aku benci asap rokok!! 
aku juga gak suka perokok!!).

Kulit adalah organ yang terbesar dalam tubuh manusia, karena itu banyak toksid / racun 
berkumpul disana. Dengan berbekam dapat membersihkan darah yang mengalir dalam tubuh
manusia. Inilah salah satu DETOKSIFIKASI (proses pengeluaran toksid / racun) yang sangat 
berkesan / mujarab serta tiada efek samping. Berbekam sangat berkesan untuk melegakan
atau menghapuskan kesakitan, memulihkan fungsi tubuh / badan serta memberi seribu 
harapan pada penderita untuk terus  berikhtiar mendapat kesembuhan.

Pada umumnya, darah kotor berwarna hitam, apalagi sampai berbusa menunjukkan akan banyaknya kotoran atau toksin di dalam darah. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa darah merupakan sarana transportasi elemen di dalam tubuh, termasuk oksigen, karbondioksida juga nutrisi-2 makanan yang telah dicerna sempurna. Dari makanan ini seringkali banyak kotoran atau toksin turut terbawa oleh darah dan disebarkan ke dalam tubuh seiring dengan peredaran darah. DR. Aiman dalam buku beliau mengatakan bahwa darah-2 kotor ini secara homeostatis tubuh, dapat dibersihkan secara alami oleh tubuh melalui hepar/hati, lalu berputar kembali. Namun, biar bagaimanapun, namanya proses filtrasi kotoran-2 tsb, terkadang tidak efisien dan sempurna, sehingga masih memungkinkan adanya kotor dan toksik di dalam darah tsb. Oleh karena itulah, pengeluaran darah kotor tsb sangat membantu tubuh di dalam detoksifikasi dan pengeluaran elemen-2 berbahaya tubuh. Selain itu, pengeluaran darah ini memancing columna vertebrae untuk menghasilkan darah baru yang muda. Sehingga kesetimbangn tubuh akan lebih baik dan imunitas tubuh dapat meningkat.

Berbekam juga dapat menghilangkan rasa sakit pada bahu dan tenggorokan  jika dilakukan
pada bagian kuduk. Juga dapat menghilangkan sakit pada bagian kepala serperti muka, 
gigi, telinga dan hidung jika penyakit itu disebabkan oleh terjadinya penyumbatan pada 
darah atau rusaknya jaringan darah. Abu Ubaid menyebutkan dalam kitabnya "Gharibul 
Hadits"melalui sanad Abdurrahman bin Abi Laila : "Bahwasanya Rasulullah Saw, melakukan
bekam pada kepalanya dengan tanduk ketika disihir orang"

Berbekam juga sangat bermanfaat untuk mengobati orang yang keracunan makanan, bisa 
dan sejenisnya. lebih-lebih jika negeri itu adalah negeri panas dan terjadi pada musim 
panas. Kekuatan racun itu mengalir keseluruh tubuh melalui darah sehingga tubuh 
berkeringat, racun sudah menjalar kejantung,maka yang keracunan itu tidak dapat tertolong 
lagi. Nabi Muhammad Saw memilih berbekam pada kuduk (tengkuk)nya karena tempat 
itulah yang paling dekat kepada jantung, walaupun materi racun itu tidak keluar seluruhnya.
Namun hal itu sudah cukup meringankan penderitaan orang yang keracunan itu.

Hmm... boleh juga nih buat ngeluarin toksin2 hasil ngelab saya :p

Kebetulan Mba Hen, temen seruangan saya juga tertarik untuk ikut bekam, malah dia mau coba untuk berbekam di tempat bekam yang pernah saya kunjungi. Akhirnya kita memutuskan untuk pulang cepet hari ini, dan meluncur ke TKP.

BRC Karang tengah, tempatnya gak jauh dari rumah. naek angkot sekali. Disini di enak juga, selain mba-mba nya ramah, pelayanannya juga memuaskan (gak bermaksud promosi nih, cuma menuliskan apa yang saya rasakan :D). Menu-menunya bisa diklik disini... Paket bekam modern nya cuma 40 rb, kita bisa dapet sebat rotan, bekam ,dan gurah mata. oh iya, bisa juga konsultasi kesehatan, trus di jual juga obat-obat herbal. Kata Mba Hen sih enak disini daripada di tempat bekam langganan suaminya (gak boleh menyebutkan merk ya), selain itu lebih murah, dan titik bekamnya lebih banyak (11 titik), trus juga dapet paket guruah mata yang berguna banget buat ngeluarin kotoran-kotoran mata yang mengendap di sela-sela. Enaknya juga kita dikasih tau kondisi organ kita, trus jadi bisa mengambil langkah untuk memperbaikinya. bagusnya sih sebulan sekali bekamnya...

Kalo menurut hadist hari ini (Jumat) bukan hari yang baik untuk berbekam. tapi mau gimana lagi, mumpung bisanya hari ini. kemaren2 kan sibuk trus kalo nanti-nanti juga takutnya malha gak sempat, so kita memutuskan hari ini deh untuk berbekam.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang ingin berbekam, hendaklah ia berbekam pada tanggal 17,19,21 (bulan Hijriyyah), maka akan menyembuhkan setiap penyakit” (HR. Abu Dawud no. 3861 Al-Hakim, Al-Baihaqi IX/340 Dari Abu hurairah Radhiyallahu ‘anhu. Lihat Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah no 622)
Hari yang paling baik untuk berbekam adalah pada hari Senin, Selasa dan Kamis. Sebaliknya hindari berbekam pada hari Rabu, Jum’at, Sabtu dan Ahad (HR Ibnu Majah no. 3487, Shahiih Ibn Majah II/261, Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah no. 766)

Mudah-mudahan senantiasa diberikan nikmat sehat oleh Allah SWT...
men sana in corpore sano 
Rasulullah bersabda Mu'min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mu'min yang lemah (HR Muslim)

untuk lebih jelas info tentang bekam bisa diklik disinidisini, dan disini ^^


2 comments: