Friday 23 December 2011

Sempoa Class: Berhitung itu menyenangkan

I just finished my scoring 

Untuk kali ini kursusnya gak ada hubungannya dengan bahasa Inggris... kursus sempoa!

Sebenernya waktu saya memutuskan tuk mengembara ke kediri, tidak pernah terpikir tuk ikutan kursus ini. Begitu menginjakkan kaki di desa ini saya melihat berbagai spanduk kursus, salah satunya adalah spanduk Sempoa Cerdas Indonesia (SCI) yang terpasang di pinggir Jalan Asparaga. Entah mengapa tiba-tiba terbersit keinginan tuk daftar di kelas sempoa...

Seiring dengan berjalannya waktu dan berjalannya kelas2 yang saya ambil, saya hanya bisa menyimpan niat itu di dalam hati... rasanya dengan waktu belajar yang sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia... eh, maksudnya padat, tidak mungkin tuk menambah course di sini lagi.
Tapi semua berubah, sejak negara api menyerang! hehe,, bohong banget 
Di hari ke-6, setelah selesai kelas speaking, saya menyempatkan diri gowes sepeda to asparaga. Awalnya hanya berniat nanya2 tentang programnya saja... kebetulan saat itu ada Ki Ipud (Master of Number) pemilik SCI ini. Setelah bicara dengan beliau, akhirnya saya mengubah niat saya menjadi: Mendaftar kursus sempoa. Menurutnya, saya sudah ketinggalan satu minggu untuk kelas baru ini. Maklum semua kelas di Pare dibuka setiap tanggal 10 atau/dan tanggal 25 tiap bulannya. Tapi katanya, "kebetulan Sabtu-Minggu ini akan ada rombongan guru dan pendamping dari Blitar untuk ikut DIKLAT Sempoa aritmatika ini. Jadi mba bisa ikut. Untuk kekurangan materinya, nanti mba bisa ambil di kelas reguler." Bagi saya itu hal yang bagus... setidaknya saya tidak perlu ambil banyak waktu untuk kursus ini 

Mengenai pendaftaran, saya pikir disini sangat murah. Hanya 99 ribu rupiah saja kita sudah bisa belajar sempoa aritmatika dari ahlinya dan mendapat trik menghitung cepat serta mathmagic. Kalau di Jabotabek mungkin harganya bisa 5 - 10 kali lipatnya! Menurut Ki Ipud, ia sudah terjun untuk mentraining ke kampus-kampus sejak tahun 2002. Sekarang pun Departemen Agama menggunakan metode temuannya (Abacus 99) untuk dimasukkan dalam kurikulum matematika SD/MI, kedepannya kemungkinan besar diknas pun akan melakukan hal yang sama. Pada tahun 2005 sebenarnya biaya kursus sempoa sudah 300 ribuan, tapi sekarang cuma 99 ribu. Ketika seorang teman menanyakan, "kenapa gak naikin harga pak?"
"saya tetep pada harga 99 ini karena disinikan kursus-kursus harganya rata-rata segitu.. gak apalah, yang penting berkah..." katanya sungguh2, "saya juga dapet koneksi orang depag dan orang LKS (buku latihan murid SD) kan juga dari kursus ini." lanjutnya. Ki ipud memang orang yang sangat bersahaja. Padahal menurut saya beliau adalah orang yang sangat hebat dalam soal angka. Gak kalah deh dengan Joe Shandy yang bergelar master of number. Beberapa kali beliau menunjukkan atraksi mathmagic seperti yang dilakukan Joe Shandy, Deddy Corbuzeir, dll. Ternyata semua sulap-sulap tersebut bisa dijelaskan secara matematika! Saya jadi teringat saat seorang teman kantor memperagakan mathmagic ini yang membuat semua orang yang ada di sana saat itu tercengang... ternyata semua memang ada triknya.

Motivasi saya pertama kali ikut kelas ini adalah untuk kepentingan saya pribadi. Bagaimana saya bisa menghitung cepat dan bermain logika. Tapi setelah saya mengikuti Diklat bersama para guru/ calon guru/ pendamping matematika dari Blitar, saya merasa sangat disayangkan jika ilmu ini hanya untuk saya sendiri... Saya pikir saya harus mengajarkan ilmu ini kepada adik-adik saya, juga anak saya kelak. Bukankah itu akan menjadi ilmu yang bermanfaat? apalagi usia terbaik untuk belajar sempoa aritmatika ini adalah usia 6 sampai 9 tahun. Karena saat itu adalah saat terbaik untuk membentuk mental, pola pikir, dan membangun logika anak. 

Saya jadi bisa memahami mengapa Pak Slamet (teman sekelas saya) bela-belain ikut kelas ini agar bisa mengajarkan ilmu ini kepada anaknya, padahal sebagai kepala rumah tangga ia sibuk bekerja. Bahkan saat ia sakitpun, untuk kelas sempoa ini dibela-belain masuk (padahal kerja aja tidak masuk).. "supaya saya bisa ngajarin sempoa ini sama anak saya mba... kalo anak saya yang belajar kesini kan gak mungkin. Soalnya rumah saya jauh dari sini dan anak saya masih kelas 2 SD sekarang..." begitu katanya.... Bener-bener a great father! 

Mental Aritmatika Sempoa memang telah terbukti dan sangat berguna sebagai dasar pengembangan kerangka dan cara berpikir seorang anak. Mental Aritmatika dapat digunakan untuk mengoptimalkan fungsi otak, sehingga anak dapat menghitung cepat, hanya dengan pemikiran otak saja (lebih cepat dari kalkulator). Mental Aritmatika diajarkan dengan menggunakan instrument khusus yang disebut Sistem Abacus atau sempoa. Sistem ini terbukti sangat berguna dalam meng-optimalkan fungsi-fungsi otak (otak kanan khususnya) seorang anak pada masa pertumbuhannya yang meliputi daya Analisa, Ingatan, Ketahanan, Logika, Visi, Kemandirian, Ketekunan, Penemuan dan Penerapan. Dengan memahami disiplin dasar eksakta ini, seorang anak diharapkan dapat menguasai dan menggunakan secara optimal seluruh potensi dan kreativitas yang ada pada dirinya dalam menyerap ilmu - ilmu lanjutan dan menjadikannya seorang manusia yang tekun dalam menghadapi kehidupannya sehari-hari. (Reff)

Di tempat kursus Sempoa Cerdas Indonesia ini selain diajarkan tentang menggunakan sempoa dalam penjumlahan dan perkalian, juga diajarkan trik menghitung cepat penjumlahan, perkalian, pembagian, dan akar tanpa menggunakan coret-coretan. Salah satu materi aplikasi yang menarik adalah tentang Kotak Magis Melankolis, dimana kita harus mengkombinasikan angka-angka agar jumlah kotak yang mendatar dan menurun sama... sangat menyenangkan 
 Kita juga diajarkan teknik menghitung cepat yang syaratnya:
1. Menggunakan nilai tempat "dan".
2. Hafal penjumlahan 1 - 9.
3. Hafal perkalian 1 - 9.
4. Mampu menyimpan angka dan menjumlahkan kembali.
5. Menjumlahkan hasil kali langsung.
Kalo lima syarat di atas sudah terpenuhi, dijamin bakalan pede untuk nantang Joe Shandy

Berhitung itu memang menyenangkan 
Matematika juga tidak menakutkan 

Hope i pass the exam ^_______^

8 comments:

  1. Hmm.. setelah lulus situ ikutan the master aja li, *buat nantangin joe shandy.. :D

    ReplyDelete
  2. gak ah, takut terkenal nanti... hehe.. :p

    ReplyDelete
  3. Waaaah saya dah belajar sempoa sejak tahun 2004 mba lia. Memang terbukti bermanfaat buat anak2, Hehehe...

    ReplyDelete
  4. waaaw... kereeeeen!! ilmunya buat diajarkan ke anak-anak juga mba?

    ReplyDelete
  5. Hehehe iya kbtln sy ngajar sempoa untk anak2 mba lia. Tp skrg sdh gak lg.

    ReplyDelete
  6. zuperrrzzzz.....!
    kudu terus dipake ya mba ilmunya biar gak kagok :D

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete