Friday 16 December 2011

Gowes to The Courses


S.e.p.e.d.a.
Sewaktu SD dulu aku selalu menggunakan sepeda untuk berangkat ke madrasah.
Setelah itu, aku tidak lagi menggunakan sepeda.
Tapi sekarang aku harus menggunakannya lagi.

Tentang sepeda,
Aku merasa bersyukur karena bisa mengendarainya. Karena di sini, sepeda sangat dibutuhkan untuk mengantar kita belajar dari satu tempat kursus ke tempat kursus lainnya. Gak kebayang gimana kalo gak bisa naik sepeda di sini... Maklum, rata-rata disini kami mengambil kursus di lebih dari satu tempat. Saya sendiri mengambil di tiga tempat yang letaknya jauh-jauh satu dengan yang lainnya. Bukannya tanpa perhitungan, tapi ini soal menyesuaikan kebutuhan dengan waktu yang tersedia.

Seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya, awalnya saya merasa sangat lelah mengendarai sepeda (padahal jaraknya belum terlalu jauh) bahkan sempat berfikir untuk menyewa motor saja, meski pada akhirnya saya tetap menyewa sepeda *karena di sini tidak ada penyewaan motor*. Seiring dengan berjalannya waktu *jiahhhh* saya merasa ringan untuk mengayuh sepeda, tidak seperti pertama saya di sini yang memerlukan banyak ember untuk menampung keringat *lebayyyy*.

Biaya sewa sepeda di sini cukup murah, hanya 50-60 ribu rupiah per bulan. Untuk sepeda yang agak baru mungkin sekitar 70-80 ribu. Jika kita mau sepeda baru, biasanya pemilik bisa membelikannya dan kita hanya bayar biaya sewa 100rb per bulan. Saya memilih sepeda yang biasa2 aja. Disamping lebih murah, juga mudah disimpan (aman). Tapi keamanan sepeda di pare cukup baik kok. Kami biasa meletakkan sepeda di halaman camp, tempat kursus, rumah makan, dan tempat lain tanpa dikunci atau dengan kunci menggantung... Alhamdulillah everything's gonna be okay.

Masalah yang kerap dihadapi dalam dunia persepedaan disini adalah kempes ban. Ini hal yang sering dialami oleh pelajar2 di sini. Mungkin karena *ternyata* Pare ini panas banget! sedangkan parking lot for bicycles yang tersedia sedikit yang beratap, so sepeda dibiarin aja tergeletak di sana beratapkan langit bermandikan terik mentari. Panas matahari membuat ban sepeda memuai, dan angin bisa keluar. Jadi baiknya, letakkanlah sepeda pada tempat yang teduh.

Anyway, bersepeda membuat kita sehat. Badan kuat dan betis berotot, hehe...
Saran dari penulis *aku*, if you wanna plan to study in Pare, you sholud be able to ride a bike


1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete