Monday 12 April 2010

[3/3] memasang instalasi pembumian... aku berhasil !!

melanjutkan tulisan yang sempat terhenti....

yup hari ketiga diklat asesor..
setelah tugas dikumpulkan dan kita bisa sarapan bubur manado plus omelet dan roti bakar (kenyang pisan euy...), tantangan selanjutnya adalah  menyelesaikan tugas kelompok. Materinya adalah meng-ases tukang yang memasang instalasi pembumian/ grounding. hmm.. gak terpikir deh, ini elektrikal banget!! kemarin dapet tugas pribadi yang sipil banget, eh ini dapet tugas kelompok yang elektrikal banget... nasib... nasib... untungnya saya sekelompok sama pak sindu dan bu eny. satu lagi anggota kelompok ini pak oberlin... ketiga-tiganya orang teknik elektro (arus kuat and arus lemah)... hmm baguslah, saya bisa belajar jadinya ^_^

seneng juga kerja bareng mereka... jadi semangat dan tambah akrab :-) setelah selesai membuat soal uji kompetensi yang buanyak buanget, akhirnya kita harus melaksanakan assesment yang sebenernya. dari pihak LPJKN sudah menyiapkan tukang ternyata.. bener2 tukang bangunan! di kelompok 14 ini tukangnya masih muda, lulusan SMK. namanya Muliana. Pertama2 Muliana mengerjakan soal-soal yang telah kita buat. lumayan juga tuh... soalnya banyak sih. Setelah itu baru diadakan wawancara, dengan formasi: pak Sindu (ket. tim asesor), Pak Oberlin (Asesor 1), Bu Eny (Asesor 2), dan Saya (Pengawas dari Balai Sertifikasi). Hmm... kita jadi tahu bagaimana kemampuan si Muliana ini dalam teori dan praktek..

setelah selesai wawancara, kita menuju lapangan. seluruh alat telah disiapkan, tinggal menguji dan melihat kerja Muliana dalam memasang instalasi pembumian (grounding). saya pribadi sih kurang ngerti dalam hal ini. tapi untungnya dari diskusi pak Sindu dan pak Oberlin, saya dapat memahaminya... tentu kita harus tahu dasar teorinya dulu ;-) bener-bener seru dan berkesan buat saya...

setelah selesai penilaian, kami mengadakan rapat asesor untuk memutuskan apakah Muliana kompeten dalam knowledge, skill, dan atitude dalam memasang instalasi pembumian ini. dan hasilnya... langsung kita laporkan di depan. Yang berperan sebagai pengawas dari balai sertifikasi (saya dong... :-D ) harus melaporkan jalannya proses assesment tadi. membahas kelebihan dan kekurangan proses yang dilakukan.

Selesainya simulasi assesment ini juga mengakhiri diklat asesor ini. hiks... gak kerasa ternyata sudah selesai diklatnya... bener2 berkesan dan menyenangkan..
walaupun diklatnya sudah selesai, tapi tidak semua peserta dapat Sertifikat calon asesor. dari 60 orang, pada penutupan ini hanya 10 orang yang berhasil mendapat sertifikat karena telah menyelesaikan tugas pribadi (yang tadi pagi dikumpul) telah lengkap. Saya, bu Eny, pak Sindu, dan pak Oberlin harus melengkapi tugas pribadi kami... oohh... malaes bangeeet.. soalnya gak ada ide lagi untuk buat soal... "saya mah mau menyelesaikan tugasnya sekarang juga. masa pulang ke kalimantan tanpa sertifikat... gak enak nanti sama yang bayarin saya ikut acara ini" saya juga setuju dengan pemikiran beliau. Saya telah dipercaya HIPTASI untuk mengikuti diklat ini. jadi saya tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan mereka. Pak Oberlin malah bilang, "ayo lia, kamu gak bisa ngerjain yg bagian mana? nanti kami bantu lah.." baik sekali pak Oberlin ini, yah walaupun pada akhirnya dia sendiri juga sibuk dengan tugas pribadinya, tapi saya sangat menghargai niat baiknya :-) kalau pak Sindu beda lagi, beliau memutuskan untuk menyelesaikannya di rumah, dan mengirimkannya ke LPJKN melalui pos, untuk ditukar dengan sertifikat... dan memang benar, saat saya mengunjungi kantor HIPTASI senin kemudian, beliau masih berkutat dengan berkas2 tugas pribadi diklat ini.

Saya berusaha keras untuk menyelesaikan tugas ini... 
bener2 susah buat saya karena saya tidak pernah membayangkan tugas seorang mandor tanah, ditambah harus membuat soal gambar teknis alat, sistem, dll yang berkaitan dengan pekerjaan ini. Akhirnya setelah penutupan dan foto bersama, saya segera melesat ke lobby hotel. berharap hotspot-nya sudah hidup lagi. tapi ternyata belum... saya mencoba menanyakannya kepada resepsionis hotel, mengapa hotspotnya tidak connect... tapi mereka tidak tahu... akhirnya manajer hotel menghampiri saya, "mba butuh ngenet?" saya jawab. "ya, saya harus melengkapi tugas saya..." tanpa diduga beliau berkata, "ngenet di ruangan saya saja. internetnya bisa kok..." Alhamdulillah.. akhirnya saya ke ruangan manajer hotel dan meminjam kompinya tuk googling. jadi gak enak juga sih... habisnya beliau baik banget, malah saya duduk di kursinya. beberapa staff yang masuk ke ruangannya terkejut melihat ada saya di ruangan tsb. karena pak Manajernya sedang shalat di luar, jadi saya hanya sendiri di ruangannya...

saya bergegas mencari literatur yang saya butuhkan, karena saya juga belum shalat magrib... setelah selesai googling saya menuju lobby untuk mencari pak Manajer dan mengucapkan terima kasih. setelah itu saya langsung menuju kamar untuk shalat dan melanjutkan mengerjakan tugas. bu Eny sedang santai karena tugasnya telah selesai dan sudah mendapatkan sertifikat. "Ayo li, semangat. masih ada 30 menit lagi tuh deadline nya..." saya berusaha untuk menyelesaikan lebih cepat. dan akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas tersebut tepat waktu... alhamdulillah, setelah tugas2 saya di periksa pak Jimmy (penilai), saya berhasil mendapatkan sertifikat calon asesor ini :-) 

Ada beberapa peserta juga yang baru menyerahkan tugasnya, tapi banyak juga yang sudah check out, dan berniat mengerjakan tugasnya di rumah, seperti pak Sindu. Akhirnya malam itu, saya ngobrol-ngobrol dengan bu Eny dan peserta yang belum check out, terutama yang berasal dari luar jawa...

Acara yang berkesan, dimana saya bisa banyak belajar, mengenal banyak orang, mengerti lebih banyak hal... unbelievable momment..
semoga bisa menjadi asesor yang bermartabat dan profesional :-)


-end of the story-

2 comments: