Monday 12 April 2010

[2/3] menjadi asesor mandor tanah..

Hari ke-2 diklat asesor...

Di hari kedua ini, ternyata peserta mendapat tugas dari instruktur. yaitu merencanakan, mengadakan, dan mengkaji ulang assesment. Tugas wajib ini diberikan per-individu dan harus dikumpulkan esok pagi, setengah jam sebelum masuk. waah... alamat gak akan tidur semalaman nih... kalau runut kerjanya sih saya mengerti. tapi yang saya khawatirkan adalah bidangnya. walau bagaimanapun saya belum pernah terjun langsung ke konstruksi...

Taraaaa... bener juga. Hiks.. aku dapat kerjaan meng-assesment mandor tanah. Pekerjaan ini sebenarnya masuk bagian teknik sipil, entah mengapa panitia memilihkan tugas itu untuk saya. padahal di CV kan tidak ada pengalaman di bidang sipil apalagi jadi mandor tanah... how can?? tapi saya rasa protespun tidak akan mengubah keputusan panitia. karena semua sudah dibagi tugasnya masing-masing... tidak ada tugas yang sama satu dan yang lainnya..

Apa perasaanmu jika kamu harus menguji seorang profesional yang kau sendiri tak pernah berhubungan dengan bidang tersebut?

Dengan berharap kemudahan dari Allah, akhirnya saya mengerjakan tugas tersebut. Saya dan bu Eny mengerjakannya di lobby hotel. kebetulan banyak juga yang mengerjakannya di sana, termasuk Pak Sindu. Karena Bu Eny dan Pak Sindu tugasnya hampir sama (bidang elektrikal), mereka akhirnya sharing bareng. sedangkan saya harus mengerjakan sendiri, karena bidang tata lingkungan cuma 4 orang dari 60 orang, itu juga saya belum kenal orangnya yang mana saja... kebanyakan mereka adalah sipil, elktrik, dan mekanik.

Tak tahan kantuk, akhirnya saya balik ke kamar jam 02.00 WIB, namun banyak juga yang masih mengerjakan tugas tsb...  mungkin mereka tidak akan tidur. hmm kalo saya sudah tidak punya ide lagi yang mau saya tulis. walaupun saya tdak ngantuk, saya rasa saya tidak akan bisa mengerjakan karena memang sudah tidak tahu lagi yang akan saya tulis.

Menurut saya bagian tersulit adalah saat harus membuat soal. kalau tidak salah soal yang harus dibuat sekitar 60 soal plus skema alat atau gambat teknis... soal2 tesebut harus disertakan jawabannya... God, kalau disuruh buat soal-soal kimia sih saya bisa, tapi kalau disuruh buat soal2 yang berhubungan dengan mandor tanah bisakah?? kenyataannya saya bisa membuat pertanyaannya, tapi jawabannya tidak tahu :-D

Dengan soal yang kurang dan tanpa jawaban, saya kumpulkan tugas saya ke panitia, tepat jam 7.30 WIB. dan saya bisa menikmati sarapan pagi dengan tenang. ternyata banyak juga yang belum selesai juga tugasnya... malah ada beberapa yang minta bantuan dari temannya yang berada di asosiasi... yang lebih parah, ada peserta yang menyerahkan tugasnya pada tukang rental untuk diketikkan, sedangkan ia ber-sauna ria... Saya dan Bu Eny hanya terpaku; aneh :-(


cerita hari ke-3... to be continued...

No comments:

Post a Comment