Sunday 11 April 2010

[1/3] merasakan menjadi asesor konstruksi ^_^

Akhirnya sampai juga di lokasi. setelah banyak bertanya kepada teman, jalan menuju hotel ini saya berangkat dengan backpacker-an. Ngeri nyasar juga sih, karena saya belum pernah ke daerah sini. Alhamdulillah akhirnya bisa sampai tepat waktu, tanpa nyasar. Spanduk selamat datang terbentang di halaman ini. hmm... bener inilah tempatnya!

Awalnya sempet mengira bahwa saya tidak jadi ikutan diklat asesor angkatan 25 yang diadakan LPJKN ini, karena quota dari Hiptasi terbatas (himpunan profesi konstruksi.... yang membiayai saya ikut diklat ini) mungkin saya dan teman saya akan ikut diklat angkatan selanjutnya. Ternyata ada seorang teman yang seharusnya ikut diklat ini berhalangan hadir karena harus menjalankan tugas kantor kita, akhirnya ketua Hiptasi menunjuk saya untuk menggantikan dia... awalnya sempat menolak, karena esoknya saya pun harus kerja di lab, ditambah saya tidak punya background sama sekali di bidang konstruksi. tapi atas dorongan dari beberapa teman, dan dukungan dari chief engineer saya di kantor maka sayapun memutuskan untuk ikut serta dengan harapan mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat. bukan sekedar mendapat sertifikat.


Setelah sampai di meja registrasi, Pak Sindu (dari hiptasi juga) menyambut saya, dan memberi tahu bidang yang akan saya masuki; Tata Lingkungan. Ya, mungkin ini yang paling dekat dengan Bidang saya (Kimia) dibanding bidang konstruksi lainnya (Arsitektur, Sipil, Mekanikal dan elektrikal). 

Saya memasuki ruangan, mempati tempat yang telah disediakan panitia. Hmm... ternyata kebanyakn pesertanya bapak-bapak... dari 60 peserta, yang perempuan hanya 5 orang (termasuk saya). Rata-rata usia mereka di atas 45 tahun. hmm... i'm the Youngest ^_^ 
banyak yang telah pensiun dari PNS (Dept. PU, Depnaker, dll), dan yang pasti telah banyak berkecimpung di dunia konstruksi minimal 5 tahun... oh my God... bahkan saya ngga kepikiran tentang dunia konstruksi. Mudah-mudahan saya bisa mengikuti diklat ini dengan sukses... Amiin.

Materi demi materi kami ikuti. Alhamdulillah, ternyata mudah memahaminya. ditambah penyampaian materi yang bagus oleh para pembicara, membuat kami sangat antusias. saat coffee break dan makan siang saya sempat kenalan dan ngobrol dengan bapak2 peserta lainnya, ternyata banyak dari mereka berasal dari luar jakarta, seperti bandung, aceh, medan, padang, pontianak, bahkan NTB... Waah... saya tidak menyangka...
dari mereka, saya jadi tahu dunia konstruksi saat ini. pengetahuan yang baru...

Sampai saatnya harus check in (kita punya jatah menginap dari hari ini/rabu sampai sabtu..), saya bingung juga mau sekamar dengan siapa ya. maklum sampai sore ini saya belum kenalan dengan para ibu-ibu satupun... akhirnya saya ke resepsionis untuk check in, disana tenyata masih ada 2 kamar perempuan yang masih satu orang. Akhirnya saya memilih sekamar dengan bu Eny Zuraida (dari pontianak). entah mengapa feeling saya mengatakan ia bisa menjadi roomate saya... entah karena diantara 5 orang perempuan yang mengikuti diklat ini, hanya saya dan beliau yang pakai kerudung, atau karena namanya 'zuraida' tidak asing bagi saya, seperti nama dosen saya di kampus. Dan ternyata diapun berfikir demikian, " Lia, tadi sebenarnya ibu ingin berkenalan dengan Lia, makanya tadi pas materi ibu lihat2 ke arah lia terus. inginnya sekamar dengan Lia juga, soalnya ibu gak berani juga sekamar sendiri. Makanya tadi pas di telepon resepsionis kalau akan ada teman sekamar ibu yaitu Lia, ibu senang sekali..." Subhanallah... "saya juga senang sekali bia berkenalan dan sekamar dengan Ibu" sambutku senang ^_^

Kamar 455 yang nyaman untuk istirahat... berlatar pemandangan kota Jakarta. Paling indah jika waktu malam, lampu-lampu jalan dan kendaraan yang meramaikan malam... subhanallah, sayang resolusi kamera hp ini gak cukup untuk mengabadikannya.

Alhamdulillah tidak ada masalah antara saya maupun bu Eny, kita sama-sama orang yang enjoy, punya suhu dan semangat yang sama... juga sama-sama konyol, hehe...
walaupun usianya sama dengan usia ibuku, beliau adalah orang yang energetic, gemar belajar dan penuh semangat (gue banget, hehe). sampai selesai materi hari pertamapun kita semangat untuk belajar kembali materi yang tadi diajarkan (plus diktat yang tebel abiss), walaupun akhirnya kita sama-sama ketiduran sampai pagi dengan diktat yang belum sempat dibuka hehe... maklum tempat tidurnya enak pisan :-p

Esoknya saking nyantainya, kita sampai tidak sempat sarapan. akhirnya mengikuti materi dengan perut keroncongan. but, no problem. Kita bisa mengenyangkan perut kita saat coffee break :-D


cerita hari ke 2 ...to be continued... ^_^

No comments:

Post a Comment