Tuesday 25 August 2009

Hatiku Terpaut di Masjid (Rindu Al-Ghifariku..)

Masjid Al-Ghifari IPB

Ramadhan ini adalah Ramadhan awal yang saya lalui di Tangerang, setelah 5 tahun kemarin tinggal di Bogor. Seiring dengan berubahnya status saya dari mahasiswa menjadi pekerja, berbagai aktivitas barupun datang menghampiri,,, awalnya sangat sulit untuk menata kembali waktu yang ada. Menjadi mahasiswa dan tinggal di kosan bersama teman-teman, tentu sangat berbeda ketika kita kembali ke rumah dan masuk ke dunia kerja.. butuh waktu berminggu-minggu bagi saya untuk menemukan format yang pas, menata waktu seoptimal mungkin agar tidak menjadi manusia yang menyia-nyiakan waktu..

Ramadhan kali ini sangat berbeda dengan Ramadhan tahun lalu.. kalau Ramadhan lalu saya sibuk dengan aktivitas kampus, termasuk ngelab dsb, Ramadhan kali ini seperti memberiku tantangan untuk menjadikan Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadhan kemarin,, Tantangan yang cukup menantang :-) yah, disini kajian keislaman tidak sedekat dan sebanyak saat di kampus, saya pun bertemu dengan orang-orang yang "heterogen",,dan banyak lagi kondisi berbeda yang saya rasakan (mungkin andapun pernah merasakan..) 

Yang pasti lagi, Ramadhan kali ini juga membawa kerinduan kepada Al-Ghifari tercinta. Al-Ghifari tuh masjid kampus saya, letaknya di baranangsiang, eh di gunung gede maksudnya.. emang sih letaknya ga di dalam lingkar kampus utama, tapi di samping gedung MMA IPB dan Diploma IPB. 

MMA IPB dan Al-Ghifari

Tampak samping

Diploma IPB dan Al-Ghifari

Kalo dilihat dari bentuk, nih masjid kagak kayak masjid. Bahkan waktu pertama kali ke Al-Ghifari (waktu itu ada acara kontemplasi PAI) saya sempet nyasar. padahal dah bilang ke sopir angkot kalo mo turun di Al-Ghifari, maklum waktu itu masih tingkat satu kuliah, sopirnya malah nurunin saya di masjid daerah bantar jati. Pas saya lihat plang namanya, itu bukan Al-ghifari!! ternyata tuh sopir angkot ga tau dimana Al-Ghifari, pantesan pas saya nanya lewat Al-Ghifari apa ngga, tuh sopir kelihatan berpikir keras. kayak ragu-ragu gituh,, padahal tuh angkot rutenya lewatin tepat depan Al-ghif kok bisa ya ga nyadar masjid terkenal ituh!!!
Kenapa saya bilang terkenal, karena Al-ghif adalah Pusat kegiatan keislaman pertama di Bogor. Sengaja dibangun dengan bentuk seperti itu karena waktu itu (zaman Soeharto) masjid dan segala yg berkaitan dengan dakwah Islam diawasi dengan ketat. Btw, ngerasa gak sih mirip2 keadaan sekarang, dimana dakwah di masjidpun diawasi polisi?? jadinya biar kegiatan dakwah Islam di Al-Ghifari dapat berjalan dengan lancar maka dibangunlah Masjid ini dengan bentuk seperti ini.. jadinya ga akan ada yang nyangka kalo ini tuh masjid! termasuk sopir angkot yang saya ceritain tadi kali yah?! parah, padahal dah ada plang namanya...

Al-Ghifari bagi saya adalah salah satu tempat terindah di Bogor. Disinilah awal saya merasakan indahnya islam.. bertemu dengan orang-orang baru yang bersemangat.. yang menbuat hidup saya makin hidup :-D sungguh indah. tak dapat terlukiskan oleh kata dan tak dapat terlupakan... sepertinya dimanapun saya berada, saya akan merindukan masjid ini.. walaupun kalo ke Al-Ghifari sekarang saya tidak akan menemukan orang-orang itu. Karena setiap zaman ada tantangannya dan setiap tantangan ada penggeraknya. masa saya dan teman2 saya sudah lewat yah..

Jadi inget masa-masa awal saya tercemplung kesini.. awalnya cuma ikut-ikutan dan disuruh bantu2 kegiatan.. lama2 kok kayak ada ikatan hati gituh ama nih masjid. akhirnya pas rekrutmen anggota baru saya dan teman2 mantap untuk mendaftarkan diri jadi pengurus. Seru aja, waktu tuh abis ujian semester, kita rame2 deh daftar kesini..

Kalo lihat foto ini jadi kangeeen banget ama temen2. soalnya nih foto adalah foto kita abis diwawancara untuk jadi pengurus.. rasanya seneeng banget.. i love u full, my sisters.. terima kasih telah hadir dalam hidupku. kalaupun kita tidak bertemu lagi di dunia, semoga Allah pertemukan kita di Syurga-Nya.. amiin..

Di sini kita pernah bertemu
Mencari warna seindah pelangi
Ketika kau menghulurkan tanganmu
Membawaku ke daerah yang baru
Dan hidupku kini ceria

Kini dengarkanlah
Dendangan lagu tanda ikatanku
Kepadamu teman
Agar ikatan ukhuwah kan
Bersimpul padu

Kenangan bersamamu
Takkan ku lupa
Walau badai datang melanda
Walau bercerai jasad dan nyawa

Mengapa kita ditemukan
Dan akhirnya kita dipisahkan
Munkinkah menguji kesetiaan
Kejujuran dan kemanisan iman
Tuhan berikan daku kekuatan

Mungkinkah kita terlupa
Tuhan ada janjinya
Bertemu berpisah kita
Ada rahmat dan kasihnya
Andai ini ujian
Terangilah kamar kesabaran
Pergilah derita hadirlah cahaya

Met Ramadhan Al-Ghifari, teringat padatnya aktivitas Ramadhan disana. Semoga di tempat yang baru ini saya menemukan masjid yang bisa menautkan hatiku padanya... seperti padamu..

Hatiku terpaut di masjid, saya pernah merasakannya. Jika hati terpaut pada masjid, secara tidak langsung terpaut pada Allah SWT juga. Perasaan damai senantiasa merasuk dalam sanubari saya, sehingga selalu rindu untuk ke masjid. Walau dulu aktivitas saya kebanyakan di Darmaga (ikutan BEM) tapi saya selalu menyempatkan untuk datang ke Al-Ghifari...

Hatiku terpaut di masjid, ku kan terus mencarinya... MASJID tautan hatiku. Janji Allah, akan menaungi orang yang hatinya selalu terpaut dengan masjid pada hari yang tiada naungan selain-Nya. Met Ramadhan Al-Ghifari.. smoga suatu saat saya bisa berkunjung lagi, dalam keadaan yang lebih baik lagi




*thanks to kak wicak, tanto, dan daus atas foto2 Al-Ghifari di atas*

9 comments:

  1. Mesjid2 kampus memang memberikan kenangan tersendiri, selalu ramai oleh aktivitas, namun cocok juga buat yang ingin menyepi dan merasakan ketengan.

    ReplyDelete
  2. Mesjid2 kampus memang memberikan kenangan tersendiri, selalu ramai oleh aktivitas, namun cocok juga buat yang ingin menyepi dan merasakan ketenangan.

    ReplyDelete
  3. iya bener, sambil nunggu kegiatan yang waktunya agak berdekatan saya suka ke masjid *meski kadang cuma numpang tidur sebentar hehe...*

    ReplyDelete
  4. oo jadi itu ya kenapa bentuknya ga kayak masjid ... aku baru tau... padahal dulu juga sering bolak balik ke alghif ^__^

    ReplyDelete
  5. Ihiks.... Kangen bogor Li.... Piye kabare say?

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah baik..
    iya mba, ntar kita reuni lagi ya ke Bgr bada idul fitri..
    bareng isya, yuli, dkk ^_^

    ReplyDelete
  7. karena hati yang terpaut pada masjid itu juga yang membuat saya mampir ke postingan teh lia disini.. salam kenal teh :) saya dian angkatan44, alumnus Al-Ghifari juga.. saya mampir disini karena ada salah satu pengurus AG, yang nggak sengaja (juga) menemukan postingan teteh ttg AG, dan dia memberikan link ini di group Sahabat AG. jazaakillah khairan atas cerita ini teh.. :)

    ReplyDelete