Thursday 5 November 2009

..i'm MPer and Plurker..

Akhir-akhir ini lagi gak terlalu suka ngeMPi.. ceritanya lagi berpaling nih (ceileh.. berpaling??) ke yang baru. Berawal dari buka plurk-nya menkominfo, kayaknya seru juga tuh ikutan plurk. Ada timelinenya yang bikin menarik. emang sih microblogging ini masih mirip2 facebook or twitter. Faktor utama yang membedakan Plurk dengan yang lain memang dari sisi desain. Format timeline dimana kita bisa langsung melihat semua post teman kita di satu halaman. Teknologi Ajax sangat bermain di sini. Plurk bahkan tampil dengan beragam pilihan karakter/maskot dan desain theme untuk timeline-nya. trus kita juga bisa bebas bermain CSS untuk mengkustomisasi theme kita.


Hal menarik lainnya adalah sistem Karma, sistem poin yang mungkin sudah familiar bagi orang2 yang sering berkumpul di forum-forum. Semakin aktif di Plurk, semakin tinggi Karma kita. Semakin tinggi Karma akan memungkinkan kita untuk mendapatkan pilihan karakter dan emoticon yang beragam pula. Sistem ini di awalnya kan mendorong kita untuk aktif. Bisa jadi, karena akhirnya sudah menjadi kebiasaan, kita semakin giat melakukan posting tanpa lagi memperhatikan poin Karma. enaknya juga, pesan yang dikirim dapat diawali dengan penanda (qualifier) umum yang telah ditentukan (seperti “asks”, “is”, "wish", "wonders" dll) atau bebas tanpa awalan.. tapi saya mah gak mau deh "diperbudak" sama plurk ini. saya memanfaatkan plurk ini buat mengakomodir belajar bahasa inggris saya. kebetulan temen saya winda juga punya tujuan seperti itu. jadi kita sama2 memanfaatkan plurk ini buat meningkatkan skill bahasa inggris kita. mulai dari postingan berbahasa inggris.. saling komen pake bahasa inggris juga, seru kan?? yah walupun grammarnya masih berantakan, setidaknya ada tempat buat mengekspresikan bahasa inggris kita..

Tapi efek negatif buat para blogger atau MPers, mereka bisa semakin malas menulis, karena (mungkin) semua rekan bloggernya ada di sana, dan bisa berinteraksi dengan cepat satu dengan lainnya di sana. Karena mudahnya ber-Plurk-ria (nggak terlalu memikirkan apa yang harus ditulis), membuatnya menarik pula untuk para pendatang baru, like me.. haha..

Yup, sekarang i am a MPer and Plurker

8 comments:

  1. ya iya dong.. lia githu lho.. *narsis mode on*

    ReplyDelete
  2. add ane dong lin akun plurk firdauskeren hehe

    ReplyDelete
  3. siip
    udah ane invite tuh.. hebat euy karmanya udah 85.14
    udah lama ya ikutan plurk?

    ReplyDelete
  4. i am tweeple. hehehe.. lebih nyaman pake twitter soalnya

    ReplyDelete
  5. oke2 ga masalah.. setiap org pny kegemaran trsendiri.. asal jgn berlebihan aja haha..

    ReplyDelete
  6. udah dari akhir tahun kemarin kalu gag salah mah hehe :D

    ReplyDelete