Monday 22 August 2011

Mundur mundur belok


Harusnya kursus ini berakhir dalam satu bulan. Namun karena Ramadhan kali ini saya punya aktivitas baru yang memerlukan penanganan khusus, maka saya tidak bisa datang full kursus di hari sabtu dan minggu. Kadang seminggu hanya sekali, kadang malah dua minggu sekali. Wajar saja saya dapat peringatan dari instruktur. Sejatinya dalam belajar stir mobil ini, harus kontinue dan waktunya jangan putus-putus, agar feel-nya tidakhilang dan tekniknya tidak lupa. Karena walau bagaimanapun praktik tidak bisa mengalahkan sehafal apapun kita tentang teori tersebut.

Minggu ini saya mengambil jam kursus hari sabtu dan minggu. Awalnya saya berniat untuk menghabiskan seluruh jam yang tersisa dalam bulan Ramadhan ini, tapi saya tidakpunya pilihan. Itikaf lebih penting bagi saya. Untung saja instruktur maklum adanya. Kebetulan tempat kursus juga libur dari tanggal 24 Agustus - 7 September 2011. Jadi saya akan meneruskan pelajaran ini setelah idul fitri.

Terakhir praktik, saya menggunakan mobil Xenia hijau lagi. Masih dengan pelajaran Belok, menanjak, dan ada satu yang baru, yaitu mundur dan menikung/ belok. Untukpelajaran terakhir ini lumayan pegel, maklum mobilnya agak lama jadi koplingnya keras. Praktik mundur-menikung ini saya lakukan selama 45 menit! karena saat itu saya kebagian urutan terakhir praktik,kebetulan saya dan instruktur juga laginyantai, jadi bisa lebih lama latihannya. Kalo dihitung-hitung saya menghabiskan waktu 1,5 jam sendiri untuk latihan (padahal jatahnya 1 jam), puaaaas bangeeeeet! apalagi pulangnya dibeliin es kelapa muda sama instruktur buat buka puasa, hehe.

Mundur-Belok:
1) Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi R.
2) Mundurkan mobil hanya dengan menggerakkan kopling sedikit,
# Caranya:  injak kopling habis, angkat kopling sekuku, tahan biarkan mobil merayap, injak lagi sekuku, tahan.

# Mata selalu lihat ke spion.
# Perhatikan: Mundur mobil harus diusahakan lurus segaris dengan trotoar.
# Jika pantat mobil sudah sampai di ujung jalan atau kurang sedikit dari ujung jalan tempat parkir maka Injak kopling.
3) Putar stir mobil 2 x ke kiri/kanan (putar habis).
4) Angkat kopling sekuku.
5) Mobil luruskan (ban luruskan) dengan cara putar balik stir 2x putaran ke kanan/kiri (kebalikannya).
6) Mundurkan lagi mobil sedikit agar mobil menjadi lurus (segaris dengan trotoar).

Jika sudah lurus, berhentikan mobil ketika mundur:
1) Angkat gas
2) Injak kopling habis
3) Injak rem perlahan-lahan

Aplikasi teknik mundur-belok ini adalah untuk parkir di masuk ke halaman rumah atau parkirdi mall *perlu banget tuh pastinya*

1 comment:

  1. Maju.. maju.. Mundur..mundur... cantiiik.. cantiiik.. :P #Syahrono#

    ReplyDelete