Sunday 7 August 2011

Jadi sopir si hijau


Setelah sebelumnya mencoba Yaris, kali ini saya belajar dengan menggunakan Xenia hijau (dengan plat kuning juga tentunya). Hmm... ini mobil bener-bener mirip sama Avanza. Bener-bener hampir gak ada bedanya. Yang kerasa sih cuma AC nya aja yang beda. Soalnya kalo Avanza kan udah double blower. Tapi gak masalah bagi saya. Belajar pake mobil apa aja, yang penting kan prinsipnya sama, jadi tekniknya bisa dilanjutkan.

Beda mobil berarti beda juga instrukturnya. Beda dg instruktur sebelumnya, instruktur kali ini lebih cerewet plus ngomongnya cepet banget kalo ngasih instruksi. Saya ngerasa lebih rumit aja. Kalo sebelumnya saya bisa mengemudikan Yaris dengan tenang, kali ini bener2 gak bisa mikir. Soalnya sedikit2 perintah, sedikit2 perintah... padahal kan saya inginnya mikir sendiri apa langkah apa yang harus dikerjakan. Kebanyakan perintah bikin saya jadi kagok nyetir, sampai salah ngasih lampu sen segala (doh). Positifnya, instruktur ini gak pelit ngasih ilmu. Semua tips dan trik dikasih... padahal saya butuh waktu buat mengingat dan mencernanya. 

Melihat orang yang udah beberapa kali diajarkan oleh beliau, saya bisa mengambil kesimpulan: Kalau besok saya dapet instruktur beliau lagi, pasti saya diminta mengulang semua trik yang sudah saya dapat darinya. Hhuuuffhh... padahal saya gak inget semuanya saking kagoknya karena kebanyakan perintah.

Berikut beberapa perintah yang berhasil saya catat. Itu juga dipaksa instruktur buat nyatet, hehe... dengan pen pinjaman dari instruktur dan selembar kertas, saya nyatet sebisa saya.

Teori tanjakan macet:
1) Kopling diinjak, rem ditekan.
   cara jalan: kopling diangkat sampai getar, gas di tekan, angkat kopling pelan-pelan.
2) Kopling diinjak, rem ditekan, tarik rem tangan.
   cara jalan: kopling diangkat sampai getar, gas ditekan, lepas rem tangan, 
   angkat kopling pelan-pelan.
3) Persamaan kopling dan gas.
   cara jalan: gas stabil, kopling ditekan pelan-pelan sampai berhenti.

Cara mengatasi tikungan:
1) Tikungan naik ---> setengah kopling dibantu gas.
2) Tikungan turun ---> kopling ditekan full dibantu rem.
3) Tikungan datar ---> Kopling penuh dibantu rem, setengah kopling dibantu gas.

....dan beberapa pelajaran lagi. 
Ada lagi trik penting, yaitu mundur di jalan turunan dan belok kiri, tapi saya gak inget sama sekali :(

Kendala latihan kali ini selain belum terbiasa dengan instrukturnya, saya juga masih kagok pake mobil Xenia ini. Agak beda dengan mobil sebelumnya yang saya pakai. Yaris lebih sensitif untuk kopling dan gas nya, jadi saya gak perlu menekan keras-keras untuk mengaktifkannya. Untuk Xenia ini saya harus menekan lebih keras lagi, entah apa karena usia mobil ini lebih lama dari yaris atau karena sebab lain, yang pasti pake mobil ini saya harus nyesuain feeling lagi. Karena saya gak mau diprotes orang karena terlalu kencang memacu mobil di jalan raya dengan menggunakan mobil latihan atau karena bunyi mesin yang gak sedap karena gak sesuai gas dengan kopling, dll....

Entah besok dapet mobil apa buat latihan.... never give up and stay cool aja deh 
   

2 comments:

  1. ikutannnnnnnnnnnnnnnnnn.....ajarin ya klu dah mahir

    ReplyDelete
  2. @bede16: siip.. siip mba :)
    doakan daku spy latihannya lancar dan cpt mahir :)

    ReplyDelete