Saturday 8 January 2011

biarkan orang baik

Mengagumi pribadinya, sebagai pribadi yang setia, penuh cita, keibuan, berjiwa sosial, cerdas... banyak lagi hal yang saya kagumi dari beliau, banyak pelajaran yang saya ambil dari beliau. Meski saya tidak mengenalnya langsung.

Seorang teman yang mengenalnya personal berkata. 'iya sih.. tapi sayang pelit!" dan dia terus bercerita tentang sisi negatif orang yang saya kagumi tersebut.

ah, perasaan saya jadi campur aduk. sedih karena tahu sifat buruknya, menyesal karena telah mendengar ini, menyesal karena teman saya menceritakan ini pada saya.

ah, rasanya mendingan saya gak tahu jelek-jeleknya beliau. sebanyak apapun jua asalkan tidak merugikan rakyat Indonesia, asalkan tidak merugikan umat, asalkan tidak merugikan orang-orang yang menyayanginya dan dia sayangi. Bahkan sesungguhnya dia telah memberikan inspirasi bagi banyak orang melebihi kekurangannya (sifat negatifnya).

yang namanya manusia, tidak akan sempurna. pasti punya kelemahan, pasti punya kekurangan, dan pasti pernah berbuat salah. Jadi mengapa harus melihat sisi buruknya jika sebenarnya sifat buruknya tidak sebesar dampak sifat baiknya. memang manusia lebih suka fokus pada sebuah noda kecil pada gaun putih yang begitu sempurna..

meski tidak bisa dipungkiri, setiap manusia punya sifat buruk, tapi bukan berarti kita harus mengumbarnya. bukankah sesama muslim kita wajib menutupi aib saudara kita? mengapa harus senang jika orang lain tahu sifat buruk saudara kita jika itu tidak membahayakan orang tersebut?

bener-bener nyesel tau sifat buruk beliau. meski tidak mengurangi rasa hormat dan kekaguman saya padanya. sebisa mungkin saya tidak mau mengetahui keburukan2 orang lain, selagi tidak membahayakan nyawa.

No comments:

Post a Comment