Saturday 20 March 2010

New spirit on new 'semester' takhossush

"Waktu berjalan begitu cepat, menggilas siapa  saja yang tidak bisa mengimbanginya."
Tidak terasa satu semester sudah terlewati. rasanya baru kemarin daftar tahsin, tiba-tiba sudah harus ujian tengah semester, ujian akhir, kuliah perdana, dan mulai lagi untuk masuk semester baru.

Karena pekan kemarin tidak bisa ikut kuliah perdana, baru hari ini bisa masuk lagi dan melihat pengumuman kelulusan. Alhamdulillah... akhirnya saya bisa lulus masuk ke level takhosus (pra-tahfidz). di level ini sebenarnya akan lebih banyak membaca dan menghafal, sekitar 75%, dan 25% nya membahas materi/teori dari ilmu tajwid, yang idealnya pada level ini teori tersebut sudah berada 'di luar kepala'. jadi fokusnya adalah perbaikan bacaan untuk menuju level tahfidz. bacaan yang akan banyak dibahas adalah ayat-ayat gharib, yaitu ayat2 dalam Al-Quran yang agak susah membacanya (banyak orang mengalami kesalahan dalam membaca ayat2 ini walaupun sudah tau teorinya). Target talaqi bersama satu semester ini adalah 25 juz minimal. untuk tilawah masing-masing minimal 1 juz/ hari. Untuk hafalan pada level ini difokuskan pada juz 30.


Alhamdulillah, saya dan teman2 masih diberikan semangat untuk menyambutnya dengan sangat antusias... Semoga bisa menjalankan kebaikan-kebaikan yang telah ditargetkan...

Bicara soal teman2, kebanyakan teman2 saya dalam kelompok ini adalah ibu2 yang sudah mempunyai anak seusia saya :-) bahkan ada beberapa yang sudah berumur 55-60 tahun. tapi subhanallah, semangat mereka tidak kalah dengan kami yang berusia masih kepala 2.
tempat tinggal mereka pun tidak dekat dengan Al-Hikmah, tapi tetep sih yang paling jauh saya (di ciledug gituh..). Tapi semangatnya itu yang patut dicontoh, dengan jadwal belajar yang dimulai jam6.30 pagi, tetap berusaha agar tidak telat.

Waktu di tahsin 2, saya banyak telat. karena macetnya jalan ciledug raya, ditambah kalau pagi metro 77 jarang banget di blok M. jadi kadang sampai Al-Hikmah jam 6.45. untungnya berdasarkan kesepakatan, kelas dimulai pukul 6.30 pagi. jadi saya gak telat-telat banget. mudah2an takhosus ini saya diberikan kemudahan untuk tidak telat lagi...

Semangat itu ada dan akan selalu ada.
Tersemat dalam jiwa2 kita yang merindukan perubahan...
Semester baru, semangat baru.

2 comments: