Friday 10 August 2012

Why do we fall?

 "And why do we fall, Bruce?"

Sebuah kalimat yang diucapkan Thomas Wayne ini melekat kuat pada ingatan saya. Menurut saya kalimat ini inspiring banget. Apalagi mendengar lanjutan kalimat ini:

"So we can learn to pick ourselves up"

Christopher Nolan pun memasukkan kalimat-kalimat ini di trilogi Batman kerennya; Batman Begins, The Dark Knight, dan The Dark Knight Rises. Di dalam ketiga film tersebut, kalimat inilah yang memberikan kekuatan pada Bruce Wayne saat terpuruk. 


Dalam Batman Begins kita tentu ingat bagaimana desperadonya Bruce saat Ra's Al Ghul membakar Wayne Manor dan bahkan hampir membunuhnya (untungnya bisa diselamatkan Alfred). Alfred pula lah yang memberikan Bruce motivasi.
Bruce Wayne: I wanted to save Gotham. I've failed.
Alfred: Why do we fall, sir? So that we can learn to pick ourselves up.
Bruce: You still haven't given up on me?
Alfred: Never.
Kalimat ini benar-benar jadi bekal "sang kelelawar" dalam menghadapi musuh-musuh kerennya seperti Joker dan Bane.

Saat menonton The Dark Knight Rises, saya sempat putus asa (penontonpun bisa putus asa ya :D ) juga melihat Batman yang jatuh miskin dan tak berdaya dibantai Bane dan dibuang ke penjara lubang hitam (Saya bilang lubang hitam karena tidak ada jalan keluar selain di atap yang sangat tinggi, yang hampir mustahil dilewati). Dalam keterpurukannya Bruce bermimpi momen saat ayahnya menyelamatkannya dan mengatakan kalimat ini. Hasilnya? Dahsyat! dengan didorong rasa takut akan kematian (maksudnya takut melihat kematian warga Gotham City) dan tekad kuat bahwa Batman sangat dibutuhkan, Bruce berhasil bangkit. 

Sebuah kekuatan kata-kata :)

No comments:

Post a Comment