Saturday 17 September 2011

Terakhir jadi sopir instruktur

This's the last practice in this course... coz pekan depan udah masuk kelas teori (teori mengemudi dan penanganan mesin dan mobil).

Awal kursus menggunakan mobil yaris dengan instruktur yang kalem, ternyata akhir kursus ini kebagian nyetir mobil yaris juga. Tentu saja dengan instruktur yang sama.. Pak Sugeng ternyata namanya (baru tau), maklum saya gak ngeh nama-nama instruktur yang mengajarkan saya. Biasanya kalo ditanya, "kemaren belajar sama siapa?" saya dengan innocent-nya menjawab, "sama pak Xenia, mas Avanza, atau pak Yaris..." hehe, jadi cuma inget mobilnya, tanpa mencoba tahu nama instrukturnya :D

Jadi inget dulu waktu pertama kali nyetir, dag-dig-dug nya bener-bener gak karuan sambil berusaha tenang waktu nyetir. Sekarang pasti sang instruktur ngerasain beda banget cara saya bawa mobil. Melihat bacaan yang menggantung di belakang kursi, sekarang saya benar-benar mengerti petunjuk-petunjuk ini, karena saya sudah mencobanya. Di latihan kemarin, dengan mobil Xenia, pak sugiarto (nama instruktur, baru tau juga namanya, hehe) menginstruksikan saya mengulang-ngulang trik ini... sampai saya lancar. Lumayan juga, sampe latihan di dua tanjakan :-|

Sekali lagi melihat bacaan ini melayangkan ingatan saya selama masa-masa jadi sopir. Kalau boleh mengomentari, pada dasarnya semua instruktur punya kelebihan dan kekurangan.

Instruktur Yaris; kalem, bikin nyetir gak grogi, karena pembawaannya tenang so nyopir jadi tenang juga, kadang refleks suka pake bahasa jawa ngasih perintahnya (secara saya gak ngerti bahasa jawa gituh!), enak buat diajak diskusi, jago tentang mesin mobil dan motor, juga teori mengemudi (termasuk teori yang ada di ujian SIM). Saya kebagian sama instruktur ini pertama kali dan terakhir kali praktik.
Instruktur Xenia; galak (kalo instruksinya gak digubris bisa-bisa dibentak), keras, banyak ngasih perintah, ngomongnya cepet banget (kadang saya suka minta beliau mengulang instruksi atau pertanyaannya, haha), pelupa. Tapi saya malah 60% latihan kebagian instruktur ini. Alhamdulillah beliau baik banget,, waktu Ramadhan kemaren kalo latihannya sore, saya selalu dibeliin es kelapa (jadi bawa oleh-oleh buat buka puasa, hehe), trus biasanya kalo ada tukang jajanan di pinggir jalan beliau suka menawarkan saya, "lia mau ini atau itu gak?", dan tentu saja saya selalu menjawab, "nggak pak. makasih..." soalnya gak enak juga ditraktir mulu... trus juga yang saya suka adalah beliau gak pelit ngajarin banyak teknik (meski saya gak bisa nangkep semuanya sekaligus :p). Secara keseluruhan saya berpendapat beliau orang yang baik, meski galak. Biasanya bapak-bapak enjoy latihan dengan instruktur ini (meski suka dibentak-bentak juga).
Instruktur Avanza; Gak tau pasti orangnya gimana, yang pasti masih muda dan kayaknya sabar. Pernah dulu harusnya belajar sama mas dayat ini (namanya, baru tau juga, hehe) tapi karena waktu itu sabtu sore dan beliau mau malam mingguan *katanya* jadi gak mau sore banget selesai latihannya. Akhirnya dari 4 peserta, saya dan apri dioper untuk latihan ke cabang lembang (doh, jadi anak buangan gini), pake avanza juga. Lumayan dapet ilmu baru dari instruktur avanza lembang :D
*Komentar di atas pendapat pribadi saya, jadi mohon maaf apabila ada yang tidak berkenan*

Anyway, pelajaran akhir ini belajar mengemudi di jalan raya bintaro hingga jalan ciledug raya, tentunya lengkap dengan tanjakan, tikungan, turunan, merayap, macet, dll. Selain itu, saya belajar parkir paralel, dan putar balik (U turn). Berikut saya tulis sebagian kecil pelajaran hari ini:

U turn: Maju hingga bahu sejajar ujung U, baru putar stir. Jangan lupa injak kopling saat mendekati ujung .
Parkir paralel: Ini paling susah, saya juga belum mahir. Harus latihan lagi sendiri nih..
Intinya pada saat mobil mau masuk space parkir, mobil dalam possi miring. Ujung bumper harus berada di panjang 3/4 dari panjang space tersebut, kemudian luruskan mobil. Sesuaikan ban hingga lurus. Atur posisi dengan maju/mundur.

Berikut beberapa contoh parkir paralel lainnya:

Lebih mudah lihat langsung di video. Misalnya di driving-test-success atau di blog orang atau di youtube. Ada juga gambarnya di kaskus. Gambar di atas beserta triknya ada di situs ini.
Practice makes perfect

Semangat latihan parkir sendiri ^___^

No comments:

Post a Comment